Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Atur Barang Bawaan di Mobil Agar Tidak Kelebihan Muatan dan Membahayakan

Sebelum mudik, ikuti beberapa tips atur barang agar mobilmu tidak kelebihan muatan dan terhindar dari risiko kecelakaan.

tips atur barang

Tips atur barang bawaan saat mudik, sangat diperlukan saat memutuskan mudik dengan mobil pribadi. Ini dapat membantu kamu saat harus menyesuaikan jumlah barang bawaan dengan kapasitas bagasi dan jumlah penumpang. 

Selain beban maksimal mobil itu berbeda-beda satu sama lain, perhatikan juga jenis mobilmu dengan kapasitas bagasi dan penumpang, Jangan sampai mobil kelebihan muatan, ya. 

Repot? Iya, sih, tapi dengan tips atur barang bawaan berikut ini, semoga perjalanan mudikmu jadi lebih lancar. 

Baca juga: Barang yang Harus Dibawa Dalam Mobil Ketika Mudik dengan Anak Balita

Oh iya, sebelum membahas tips atur barang bawaan, yuk perhatikan cara menghitung beban maksimal mobil berikut ini. Bagaimana caranya? 

Cara menghitung beban maksimal mobil

atur barang di bagasi

Berikut ini cara menghitung beban maksimal mobil jika kamu pulang kampung, misalnya menggunakan MPV Toyota Kijang Innova yang memiliki berat maksimum 2.130 kilogram dan berat kosong 1.525 kilogram, sehingga selisih berat 605 kilogram. 

Rumusnya adalah selisih berat dikurangi total berat penumpang. Sebagai gambaran, bila mobil itu diisi 6 penumpang dengan berat masing-masing 65 kilogram (65 x 6 = 390), maka sisa beban maksimal mobil adalah 150 kilogram (605 – 390 = 215). 

Baca juga: Bahaya Kelebihan Muatan, Yuk Kenali Apa Itu ODOL dan Aturannya

Dengan demikian, kapasitas bagasi mobilmu hanya bisa menampung tidak lebih dari 215 kilogram. 

Mengenai informasi mengenai kapasitas bagasi mobil (gross vehicle weight dan curb weight) bisa kamu lihat di buku manual mobilmu. 

Berikut terlampir contoh beban maksimal mobil-mobil lainnya:

  • Toyota Rush 450 kilogram
  • Toyota Fortuner 555 kilogram
  • Toyota Fortuner 2.5 diesel 570 kilogram
  • Toyota Avanza 540 kilogram
  • Daihatsu Terios 450 kilogram
  • Daihatsu Xenia 1.000 cc 545 kilogram

Aturan membawa barang

dasar aturan

Mudik dengan mobil pribadi memang membuatmu bebas membawa berapa banyak barang dan mengatur barang di bagasi. Tapi ternyata, meski kapasitas bagasi memadai, tetap ada aturan mengenai membawa barang dengan mobil penumpang.

Baca juga: Mobil Listrik Jadi Salah Satu Kendaraan Bebas Ganjil Genap saat Lebaran 2023

Ini tertuang dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 307. Isinya: 

  1. Tersedia ruang muatan dan/atau tempat muatan yang dirancang khusus;
  2. Barang yang diangkut sesuai dengan ruang muatan; dan
  3. Jumlah barang yang diangkut tidak melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya.

Bagi yang melanggar, ada sanksinya ternyata. ”Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 169 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).”

Tips atur barang bawaan saat mudik

perjalanan mudik

Setelah mengetahui beban maksimal mobil, sekarang saatnya kamu melakukan tips atur barang bawaan untuk menghindari mobil kelebihan muatan dan tertata apik di dalam bagasi. Ini dia caranya:

Atur barang dan bawa yang perlu

Tips atur barang yang pertama adalah jangan membawa terlalu banyak barang. Kalau sudah terlalu banyak dan mobil kelebihan muatan, pasti akan semakin sulit mengaturnya. Jadi, bawa saja yang perlu, ya. 

Atur barang paling berat di bawah

bagasi mobil

Ini mengacu pada prinsip center of gravity di mana kamu sebaiknya menata barang dengan beban terberat di bagian bawah bagasi. Dengan demikian pengendalian mobil tetap baik, mengurangi limbung, dan meminimalisir terjadinya body roll yang bisa sebabkan mobil terbalik.

Baca juga: Mobil Tujuh Penumpang dengan Kabin Paling Nyaman untuk Keluarga

Barang dengan beban terberat biasanya koper berisi pakaian. Di bagian atasnya bisa kamu letakkan barang yang bebannya lebih ringan, seperti oleh-oleh, bekal makanan untuk di jalan, gadget, dan lainnya. 

Seimbangkan juga beban kiri dan kanan bagasi agar pengendalian mobil tidak terasa berat sebelah dan setir tetap stabil bila melewati jalan bergelombang.

Jangan menghalangi pandangan

Tips atur barang di bagasi selanjutnya adalah jangan menghalangi pandangan pengemudi ke belakang, baik saat ia melihat dari spion tengah atau saat menengok ke kaca belakang.

Baca juga: 11 Tips Memilih Mobil Keluarga Buat Harian dan Jalan Jauh

Ini biasanya sering terjadi pada mobil yang bagasinya menyatu dengan kabin, seperti hatchback, SUV, dan MPV. Idealnya, tumpuk barang di bagasi setinggi sandaran bahu jok belakang atau tidak melebihi head rest.

Gunakan cargo net

Pastikan barang disusun rapi dan tidak mudah bergeser saat mobil bermanuver. Bila masih ada ruang di dalam bagasi yang memungkinkan barang bergeser, gunakan cargo net.

Bawa barang menggunakan roof box

tips atur barang

Bagasi bukanlah gudang yang bisa sembarangan dimasukkan segala macam barang. Mobil kamu didesain untuk memberi kenyamanan pada penumpangnya dan bergerak bebas di dalam kabin. 

Baca juga: Perjalanan Mudik Bawa Barang di Atap Mobil, Apakah Boleh?

Coba bayangkan bila penumpangnya berdesakan dan mobil kelebihan muatan dalam perjalanan ratusan kilometer. Tidak hanya pengap, tapi juga berisiko celaka. 

Alih-alih memasukkan semua ke dalam bagasi, sepertinya salah satu tips atur barang bisa dengan mencoba pertimbangkan penggunaan roof box pada atap mobilmu. 

Namun ada aturan mengenai hal ini. Pertama, beban pada atap mobil tidak melebihi 70-73 kilogram. Jika mobil kelebihan muatan, atap akan mengalami deformasi dan pengendalian mobil tidak akan selincah kondisi normal.

Jadi jangan cuek soal beban maksimal mobil. Ingat, kapasitas bagasi yang melebihi daya angkut akan membuat stabilitas kendaraan terganggu, mobil jadi sulit dikendalikan, dan bisa berujung pada kecelakaan. 

Demikianlah tips atur barang saat mudik menggunakan mobil. Ingat, keselamatan yang utama, jadi jangan remehkan dan beri perhatian pada barang bawaan kamu, sebelum pulang kampung ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.