Search Cars

Keuangan

Tips Melakukan Over Kredit Mobil dengan Aman dan Mudah, Jangan Sampai Salah

Over kredit mobil masih menjadi salah satu cara yang sering dilakukan dalam membeli kendaraan. Cek langsung tipsnya ya.

over kredit mobil

Proses over kredit mobil adalah proses peralihan angsuran kredit dari pihak pemilik kepada calon pembeli. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang tidak mampu membayar angsuran mobil.

Atau bisa juga karena seseorang tersebut ingin membeli yang baru, padahal mobilnya masih terdapat cicilan. Proses ini sering dilakukan karena dianggap lebih untung, terutama harga mobil yang dibeli relatif lebih murah. 

Hal ini juga bisa menjadi solusi, terutama buat calon pembeli yang memiliki budget terbatas tapi ingin tetap beli mobil. Namun memang, untuk melakukan ini tidak bisa dilakukan sembarangan, bahkan memerlukan surat perjanjian untuk memastikan keabsahannya.

Tips melakukan over kredit mobil 

Agar tidak salah dan tetap aman, sebaiknya calon pembeli mengetahui tips melakukan over kredit mobil dengan tepat. Apa saja itu?

Pastikan pihak pertama tidak bermasalah

beli mobil lelang

Tips pertama, pastikan pihak pertama atau penjual mobil tidak punya masalah apapun di dalam kredit mobilnya. Jika ada, penjual ini harus selesaikan masalahnya terlebih dahulu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Parkir Mundur Bikin Mobil Gampang Dicuri

Jika masih ada cicilan yang belum diselesaikan, pihak kedua harus meminta pihak pertama melunasi cicilan tersebut terlebih dahulu. Begitu juga dengan denda keterlambatan atas pembayaran cicilan. 

Pihak kedua juga perlu minta pihak pertama untuk membayar denda tersebut.

Hindari over kredit mobil di bawah tangan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan saat ingin over kredit mobil adalah hindari mekanisme di bawah tangan.Hal ini dikarenakan mekanisme tersebut tidak punya kekuatan hukum yang kuat.

Tidak hanya itu saja, hal ini juga bisa dianggap melanggar hukum di mana melibatkan leasing atau bank. Leasing ataupun bank ini bisa menggugat pihak pertama untuk ganti rugi jika terjadi masalah akibat over kredit di bawah tangan.

Pahami aturan over kredit

beli mobil akhir tahun

Bagi calon pembeli yang ingin melakukan over kredit, pastikan sudah tahu aturannya terlebih dahulu. Jika tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, pihak-pihak terkait dapat terkena sanksi berat.

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid dan Listrik Paling Laris di Indonesia

Adapun aturan terkait dengan over kredit mobil tertuang dalam Undang-Undang (UU) yang terikat perjanjian jaminan fidusia dalam UU No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia).

Pada UU Fidusia pasal 23 ayat 2, dijelaskan bahwa pemberi fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, ataupun menyewakan benda yang jadi objek jaminan fidusia yang tidak merupakan benda persediaan pada pihak lain.

Beli mobil aman di SEVA

aplikasi seva

Buat yang ingin melakukan pembelian mobil dengan lebih aman, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Mobil Pejabat Lewat Bahu Jalan Tol, Bolehkah Ditilang?

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Terdapat juga fitur Loan Calculator untuk mencari tahu informasi menghitung pembiayaan mobil Xenia. Perhitungan akan dilakukan secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Tentunya ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.