Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Mengatur Posisi Spion Mobil untuk Menghindari Blind Spot

Masih bingung bagaimana cara mengatur posisi spion mobil? Begini caranya agar kamu bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

posisi spion mobil

Posisi spion mobil harus tepat agar pengemudi dapat memonitor kondisi lalu lintas yang ada di belakang mobil dengan nyaman dan menghindari kecelakaan. Maka jangan heran bila ada yang mengatakan, posisi spion mobil sangat menentukan keselamatan pengemudi. 

Beberapa fungsi kaca spion selain sebagai alat bantu keselamatan pengemudi yang memudahkannya melihat kondisi lalu lintas di belakang kendaraan, adalah sebagai berikut:

  • Meminimalisir area blind spot
  • Pindah jalur atau lajur
  • Membantu saat parkir
  • Melihat kondisi lalu lintas di belakang mobil
  • Pedoman dalam mengukur posisi kendaraannya

Jenis kaca spion

spion mobil

Pada tiap mobil terdapat tiga buah spion yang dibedakan posisinya. Yaitu, kaca spion tengah yang ada dalam mobil serta kaca spion kanan dan kiri yang ada di luar mobil.  

Baca juga: Sering Lecet, Segini Harga Cover Spion Mobil Toyota

Ketiga kaca spion ini saling terkait satu sama lain dan memiliki peranan yang sama pentingnya bagimu saat berkendara.

  1. Kaca spion tengah (rear-vision mirror) menempel di bagian atas kaca mobil bagian dalam. Fungsi utamanya adalah membantu pengemudi melihat kondisi lalu lintas dan kabin bagian belakang. Fungsi lainnya adalah membantu pengemudi saat putar balik atau berbelok.
  2. Kaca spion kanan dan kiri (door mirror/side-view mirror). Posisi spion mobil ini terletak di bagian luar mobil, tepatnya menempel di ujung permukaan jendela. Fungsinya untuk melihat bagian area blind spot di samping dan belakang.
  3. kaca spion fender. Selain tiga kaca spion ini, pada mobil berukuran besar biasanya terdapat spion tambahan yang ukurannya kecil dan cembung. Diletakkannya di atas fender depan untuk membantu pengemudi saat memasuki jalan-jalan sempit agar tidak menyerempet bodi mobil atau masuk got.

Kenali blind spot kendaraan

apa itu blind spot

Fungsi kaca spion ini bisa dimaksimalkan jika posisi spion mobil benar dan tepat. Jika tidak, besar kemungkinan bisa mengakibatkan efek blind spot. Apa itu blind spot

Baca juga: Sensor Parkir Rusak, Berapa Biaya Gantinya di Bengkel Resmi?

Hal yang dimaksud dengan blind spot adalah merupakan area titik buta di mana pengemudi tidak mampu melihat area belakang mobil dengan jelas dan luas. tersebut. Dengan kata lain, jarak pandang pengemudi ke belakang mobil menjadi tidak jelas.

Pada umumnya, memang, setiap kendaraan memiliki blind spot di mana pengemudi tidak bisa melihat ke titik tertentu di belakang mobil. Dan tak jarang hal ini menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Tapi, ini bisa diminimalisir dengan penggunaan dan posisi spion mobil yang benar. 

Tips atur posisi spion mobil

spion luar

Masih banyak pemilik kendaraan yang belum tahu caranya mengatur posisi spion mobil. Mengingat fungsinya yang sangat penting bagi keselamatan pengemudi, maka kamu perlu memahami bagaimana cara mengatur komponen ini agar visibilitas optimal.

Atur posisi spion mobil sebelum berkendara

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan adalah mengatur posisi spion mobil. Bila kamu mengaturnya di tengah perjalanan, justru akan mengurangi atau mengganggu konsentrasimu saat menyetir, dan ini bisa membahayakan keadaanmu.

Maksimalkan jarak pandang area belakang

akan mundur

Atur posisi spion mobil sehingga jarak pandangnya ke area belakang mobil lebih luas sehingga kamu juga bisa lebih leluasa memandang ke area tersebut.

Baca juga: Kenapa Parkir Mobil di Tempat Umum Harus Menghadap Jalan?

Posisikan tubuhmu senyaman mungkin di kursi pengemudi. Setelah itu layangkan pandanganmu ke spion kanan dan kiri. 

Dengan tetap memandang spion, geser sedikit tubuhmu ke depan, belakang, samping kiri dan kanan, lalu perhatikan pantulan gambar pada cermin. Posisikan kedua spion sampai kamu mendapatkan jarak pandang yang maksimal.   

Maksimalkan jarak pandang ke jalur sebelah

Selain memaksimalkan pandangan ke area belakang, pantulan gambar pada spion juga harus mampu merefleksikan jalur di sebelahmu. Ini untuk mengantisipasi bila ada pengendara lain yang menyalip, berbelok atau berpindah jalur. 

Minimalisir bodi mobil terlihat di spion

fungsi spion

Rumus mengatur posisi spion mobil adalah: Semakin bodi mobil tak terlihat, maka semakin baik. Jika kamu tetap menginginkan bodi mobil terlihat, usahakan hanya sekitar 10 persen saja dari pantulan kaca spion. 

Perhatikan lokasi berkendara

jalan sempit

Setiap lokasi memiliki kebiasaan atau karakter lalu lintas yang berbeda-beda. Coba perhatikan kondisi lingkungan lalu lintas di mana kamu berkendara. Caranya dengan memerhatikan kaca spion setiap 5 hingga 8 detik. 

Baca juga:Tips Agar Terhindar Tabrakan Beruntun Seperti di Tol Palikanci

Cara ini cukup bagi kamu mengenali karakter lalu lintas di sekitarmu. Ini juga salah satu tips kamu bisa berkendara lebih aman dan menghindari kecelakaan.

Sekarang kamu sudah lebih paham apa itu blind spot. Dan dengan pengaturan posisi spion mobil yang lebih luas, kamu sudah bisa meminimalisir resiko kecelakaan yang diakibatkan blind spot.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.