Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Mengemudi Mobil Hybrid Agar Bensin Tetap Irit

Bensinmu bisa lebih irit lagi saat mengemudi mobil hybrid dengan teknik tertentu. Benar demikian? Perhatikan cara berikut ini, ya.

mengemudi mobil hybrid

Dibandingkan mobil konvensional, mengemudi mobil hybrid lebih irit bahan bakar. Mobil hybrid memang dirancang lebih efisiensi konsumsi bahan bakar, tapi konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien lagi jika kamu berkendara dengan teknik tertentu. 

Berikut ini tips mengemudi mobil hybrid agar lebih irit BBM seperti dilansir dari situs Toyota Astra:

Perhatikan dasbor mobil hybrid

interior yaris cross

Pada layar dasbor mobil hybrid kamu bisa melihat berbagai tampilan informasi mengenai beberapa hal, salah satunya pemakaian bahan bakar. Pada layar tersebut ada fitur yang memberitahukan seberapa jauh kamu bisa melakukan efisiensi bahan bakar berdasarkan mode berkendara personal.

Baca juga: Seirit Apa Konsumsi BBM Mobil dengan Fitur Idling Stop System?

Jadi, saat mengemudi mobil hybrid, selalu perhatikan dasbor dan cocokkan mode berkendara dengan efisiensi bahan bakar yang dihasilkan. Dari situ kamu bisa memilih setting-an yang paling pas agar bisa lebih banyak menghemat bensin. 

Manfaatkan sistem regenerative braking

baterai mobil hybrid

Kendaraan hybrid pabrikan Toyota sudah menggunakan teknologi pengereman regeneratif atau sistem regenerative braking. Saat teknologi ini diaktifkan, otomatis akan menghasilkan energi yang mengisi ulang (atau mengembalikan energi) baterai mobil hybrid.

Bila kamu memanfaatkan sistem regenerative braking atau rem ini dengan benar, maka mobil hybrid-mu akan terus mendapatkan pasokan energi ke dalam baterai yang pada gilirannya memaksimalkan kinerja sistem hybrid kendaraan. 

Mengemudi mobil hybrid, jangan rem mendadak

injak pedal rem

Saat mengemudi mobil hybrid, cobalah untuk tidak melakukan pengereman mendadak. Selama berkendara, usahakan selalu mengambil jarak yang cukup dengan mobil yang ada di depanmu agar bisa mengerem secara efektif dan mulus.

Baca juga: Berapa Jarak Ideal Pengereman Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Rem secara mendadak bisa meningkatkan kerja mesin, juga konsumsi bensin saat gas kembali diaktifkan. Namun saat mengerem, putaran motor listrik akan dibalik dan menghasilkan energi listrik pada baterai.

Mengendarai mobil hybrid, jaga kecepatan 

speedometer mobil

Efisiensi pemakaian bensin akan berkurang jika kamu berkendara dengan kecepatan di atas 88 kilometer per jam. Mengemudi mobil hybrid terlalu kencang (akselerasi tinggi) dapat memicu mesin bensin dan motor listrik bekerja bersamaan.

Oleh karenanya, tetap disarankan agar kamu konsisten menjaga akselerasi pada tingkat moderat, misalnya 60-70 kilometer per jam. Dengan begitu, mesin bensin dan motor listrik berbagi beban dalam menggerakkan kendaraan, sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit lagi.  

Mengemudi mobil hybrid

daftar mobil hybrid

Mobil hybrid bekerja dengan menggunakan tenaga dari motor listrik (baterai) dan mesin bensin. Kalau di Toyota, teknologi yang digunakan adalah full hybrid, di mana cara kerjanya maksimal menggunakan tenaga dari mesin bensin. Sementara fungsi dari motor listrik adalah sebagai generator tenaga penggerak tambahan jika diperlukan. 

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Energi listrik yang digunakan (yang berasal dari motor listrik) menjadi sumber daya penggerak utama hanya ketika mobil melaju dalam kecepatan rendah. Seperti ketika berkendara pada kemacetan atau saat sedang mengemudi mobil hybrid dalam kecepatan santai (20 kilometer per jam). Saat itu, mesin mobil dengan bahan bakar bensin dimatikan sementara.

Tapi perlu diingat, suhu yang terlalu dingin pada mesin bisa mempengaruhi kinerja baterai mobil hybrid. Baterai mobil bisa mengalami pengurangan daya tahan yang signifikan yang kemudian mempengaruhi efisiensi dan masa pakai baterai karena kekurangan energi panas. 

toyota c-hr hybrid

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu sedikit waktu memanaskan mobil untuk meningkatkan energi panas sebelum mobil digunakan. Energi panas ini juga dibutuhkan agar baterai mobil berada dalam suhu optimal dan mampu menghasilkan tenaga listrik yang optimal juga serta mengurangi dampak negatif pada baterai.

Baca juga: Toyota Siap Luncurkan Baterai Mobil Listrik Dengan Daya Jelajah 1.000 Kilometer

Terakhir yang perlu kamu ketahui saat mengemudi mobil hybrid adalah mesin akan mati secara otomatis ketika mobil berhenti, seperti berhenti di lampu merah atau di tengah kemacetan. Itulah tips irit BBM saat mengemudi mobil hybrid. Bagaimana,  mudah diterapkan, bukan?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.