Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Merawat Interior Mobil Agar Tetap Bersih dan Nyaman Selama Berkendara

Merawat interior mobil sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah secara rutin. Ikuti saja caranya di bawah ini.

merawat interior mobil

Merawat interior mobil harus dilakukan secara rutin dan berkala. Ini tidak hanya akan membuat interior terlihat bersih, tapi juga meningkatkan kualitas udara di dalam kabin. Dengan kondisi yang bersih dan segar, penumpang otomatis akan merasa nyaman selama berkendara. 

Ini beberapa langkah merawat interior mobil yang bisa kamu lakukan di waktu senggang. Yuk ikuti langkah-langkahnya. 

Merawat interior mobil dengan bersihkan sampah

Yang pertama kamu lakukan dalam merawat interior mobil adalah dengan membuang sampah yang ada di dalam kabin. Cek setiap sudutnya, dan bila kamu menemukan sampah, buang! 

Baca juga: Pelat Nomor RF Bakal Pensiun Diganti Z, Kapan Berlakunya?

Jangan biarkan kotoran tersebut, karena sampah bisa jadi tempat kuman dan bakteri berkumpul dan kemudian mengkontaminasi udara di dalam kabin. 

Sediakan tempat sampah kecil di dalam kabin, sehingga memudahkan penumpang membuang sampah bawaannya. 

Keluarkan juga barang-barang yang tak perlu ada di dalam kabin, yang kamu masukkan sebelumnya. Seperti bantal, mainan anak, buku atau lainnya. 

Bersihkan lantai mobil 

dasar mobil

Angkat karpet mobil, keluarkan, dan cuci. Setelah itu sapu atau vacuum lantai mobil dan bersihkan tiap debu dan kotoran yang menempel di sana. 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Lantai mobil merupakan area paling kotor di dalam kabin. Beruntung masih ada karpet, sehingga kotoran dari alas kaki tidak langsung menyentuh lantai kabin. 

Pasang kembali karpet setelah benar-benar kering. Kalau masih setengah basah atau lembab, akan menimbulkan bau apek. 

Disarankan memilih karpet kabin dengan material berbahan karet, karena lebih kuat dan mudah dibersihkan. 

Membersihkan kaca jendela mobil dan cermin

membersihkan kaca

Merawat interior mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan kaca dan cermin pada mobil harus diperhatikan dengan benar karena berkaitan erat dengan visibilitas pengemudi saat berkendara. Terutama jika sebelumnya mobil kamu kehujanan. 

Baca juga: Ban Mobil Pakai Cairan Anti Bocor, Ternyata Banyak Minusnya

Bagian jendela dan cermin yang paling krusial dan harus selalu dalam keadaan bersih adalah kaca depan dan belakang, juga cermin pada kaca spion tengah, kiri dan kanan. 

Membersihkan jendela dan cermin mobil tidaklah sulit. Cukup melapnya dengan lap microfiber dan cairan pembersih kaca bebas amonia –cari yang khusus otomotif. Mengapa? Karena zat amonia berdampak pada kerusakan ornamen berbahan plastik seperti kaca film. 

Merawat interior seperti dasbor dan panel kabin

Jangan lupa merawat interior mobil pada bagian dasbor dan trim pintu. Pada area ini ada banyak sekali debu dan kotoran yang menempel. Kamu akan butuh lebih banyak waktu untuk membersihkannya. 

Baca juga: Beli Solar Subsidi Kini Wajib Daftar MyPertamina di Seluruh Indonesia

Perhatikan setiap sudut-sudutnya, jangan sampai ketinggalan. Jika kamu merasa kurang puas hanya dengan air dan lap, bersihkan dengan cairan pembersih. 

Tapi jangan yang sembarangan. Dasbor, door trim, hingga konsol tengah terbuat dari material yang berbeda, makanya harus dibersihkan dengan jenis cairan pembersih yang berbeda (pembersih khusus plastik, vinyl atau kulit sintetis). 

periksa kabin

Misalnya pada dasbor bermaterial plastik, disarankan menggunakan cairan pembersih dan conditioner yang tidak berminyak dan mengilap sehingga bisa meminimalisir pantulan cahaya yang bakal membayang di kaca depan. 

Baca juga: Sambut Libur Idul Adha, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Besok

Gunakan kuas untuk membersihkan sudut-sudut sempit seperti kisikisi AC dan sela-sela tombol. Lakukan dengan hati-hati karena bagian ini berkaitan langsung dengan sakelar dan komponen elektrik yang tidak bersahabat dengan likuid.

Roda kemudi dan tuas transmisi juga jadi salah satu tempat yang paling banyak dihinggapi bakteri. Cuci dengan sabun bila memungkinkan atau diseka pakai kain desinfektan. 

Bersihkan ventilasi AC

bengkel ac mobil

Ventilasi AC juga salah satu area interior yang perlu dibersihkan karena di dalamnya terdapat banyak kotoran, bakteri, virus dan debu yang menempel . Komponen ini juga berperan penting dalam meningkatkan kesejukkan udara di dalam kabin. 

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Jakarta Berlaku Hari Ini, Catat Jadwalnya

Bersihkan area ini menggunakan kemoceng berbahan lembut, kemudian lap dengan kanebo lembab. 

Bersihkan jok mobil sesuai jenis materialnya

jok elektrik mobil

Ada dua tipe pembungkus jok mobil yang umum, yaitu leather (bahan kulit) dan fabric. Perawatan dasar bahan kulit dan fabric sama, yakni bisa menyedot debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner. Gunakan ujung penyedot yang pipih untuk memastikan tiap kotoran di selipan terjangkau. 

Selanjutnya, untuk bahan kulit atau kulit sintetis, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus seperti leather cleaner atau sabun spesifik lainnya. Gunakan peralatan yang dianjurkan saat membersihkan kulit sintentis, seperti lap atau sikat lembut. 

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Begitu selesai, usap kulit sintetis dengan leather conditioner guna menjaga kelembaban dan kecerahan permukaan jok.

Perawatan akan berbeda lagi jika jok mobil terbuat dari fabric seperti kain atau bahan berbulu. Untuk membersihkan noda membandel, gunakan upholstery cleaner. Biarkan cairan meresap, kemudian lap dan sedot dengan vacuum

Merawat interior mobil hilangkan bau

AC Mobil Bau

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada kabin, bisa diatasi dengan baking soda. Caranya, simpan beberapa sendok baking soda atau activated charcoal pada wadah tertutup. Lalu sayat sedikit bagian tutupnya untuk memungkinkan aromanya keluar. Letakkan wadah di balik jok dan ganti setiap bulan.

Baca juga: Jangan Mengisi Air Wiper Mobil pakai Sabun, Apa Alasannya?

Itulah beberapa tips merawat interior mobil. Bagaimana, mudah bukan? Jangan pernah tunda untuk melakukan perawatan mobilmu agar kondisinya selalu bersih dan segar. Ingat, kondisi mobil yang bersih past membuatmu nyaman dan senang saat berkendara.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.