Search Cars

Berita Utama Otomotif

Tol Cisumdawu Sudah Dibuka Secara Fungsional, Catat Jam Operasionalnya

Ruas Tol Cisumdawu akan dibuka secara fungsional untuk membantu perjalanan mudik Lebaran 2023. Kapan saja jadwal-jadwalnya?

tol cisumdawu

Tol Cisumdawu yang merupakan singkatan dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan Cisumdawu sudah mulai bisa dilalui kendaraan. Pembukaan ruas tol ini dilakukan dalam rangka memasuki musim mudik Lebaran 2023.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa Tol Cisumdawu dibuka bukan tanpa alasan. Tujuannya adalah untuk mendukung kelancaran lalu lintas saat Mudik Lebaran 2023. 

Namun ruas jalan tol ini akan dibuka secara fungsional dan belum aktif 24 jam. Meskipun memang selama beroperasi fungsional jalan tol ini masih belum dikenakan tarif alias gratis bagi para pengemudi yang melaluinya.  

Jam operasional Tol Cisumdawu

tol jakarta cikampek

Menhub menuturkan keputusan ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Selain itu juga pembukaan Tol Cisumdawu ini harus memastikan keamanan serta kelancaran saat tol beroperasi fungsional.

Baca juga: Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Toyota Siapkan 308 Layanan Servis

Menhub menjelaskan, terdapat alasan mengapa Tol Cisumdawu masih beroperasi secara fungsional. Hal ini karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur ini selama mudik Lebaran 2023. 

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui Tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub.

Pengaturan lalu lintas Tol Cisumdawu

cisumdawu

Sementara itu Menteri PUPR Basuki menjelaskan, lalu lintas jalur Tol Cisumdawu akan mengikuti arahan Korlantas Polri. Terutama ketika nanti akan dibuka secara fungsional.

Baca juga: Cara Pakai Jalur Darurat Rem Blong di Jalan Tol, Jangan Panik!

“Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Menteri Basuki.

Ditargetkan rampung pada Mei 2023

jalan tol

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung.  Diharapkan juga sudah mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023. 

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” ujar Basuki. 

Baca juga: Mobil Listrik Jadi Salah Satu Kendaraan Bebas Ganjil Genap saat Lebaran 2023

Perlu diketahui, saat ini jalur fungsional Tol Cisumdawu yang bisa digunakan hanya Jalur A atau jalur dari Bandung yang mengarah ke Tol Cipali. Sedangkan Jalur B pengerjaannya belum sepenuhnya rampung. 

Mengingat jalan ini masih bersifat fungsional, dalam perjalanan para pemudik disarankan untuk beristirahat di rest area yang telah disediakan. 

Baca juga: Dukung KTT ASEAN Sebanyak 65 Toyota bZ4X Mengaspal di Labuan Bajo

Di jalur fungsional Tol Cisumdawu sendiri telah disediakan rest area darurat yang berlokasi di Jalur B tepatnya di Km 194. Di rest area itu sudah tersedia SPBU Modular, toilet sementara, hingga minimarket. 

Pengendara tetap harus berhati-hati

Mudik Lokal Dilarang, Masih Bolehkah Warga Jakarta ke Bodetabek atau Sebaliknya?

Meski sudah dibuka, perlu diperhatikan oleh pengguna jalan  bahwa jalur fungsional di ruas Cimalaka-Dawuan itu belum 100 persen selesai sempurna. 

“Dengan demikian, masyarakat pengguna jalan yang melewati jalur itu harus berhati-hati, menjaga kecepatan, tidak mengebut, fokus mengemudi, dan mengendalikan kendaraan,” kata Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan. 

Selain penyiapan rekayasa lalu lintas dan peningkatan fasilitas jalan, Menhub juga memberikan himbauan pada masyarakat. Kendaraan pribadi roda empat untuk mengatur waktu perjalanan dengan baik, agar perjalanan mudiknya lebih nyaman.

Pilih waktu mudik lebih awal, dan hindari waktu puncak arus mudik dan balik. Sehingga diharapkan, penyebaran pergerakan kendaraan lebih merata dan tidak terjadi suatu puncak lonjakan di satu hari tertentu yang sangat tinggi,” tutur Menhub.

Jadi, tetap berhati-hati ya selama perjalanan mudik.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.