Search Cars

Baru

Tol JORR 2 Bakal Rampung Akhir Tahun, Diharap Kurangi Macet Ibukota

Keberadaan Tol JORR 2 bakal bikin perjalanan masyarakat Jakarta dan sekitarnya bebas macet. Ini 3 ruas tol yang belum kelar.

Tol JORR

Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) atau Jaringan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 direncanakan sudah akan tersambung secara penuh di akhir tahun ini. Tol JORR 2 ini merupakan jaringan tol yang menghubungkan 6 ruas tol yang berada di kawasan metropolitan Jakarta dengan beberapa kota penyangga Ibukota di Jawa Barat, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

“Ditargetkan akhir tahun 2023 jaringan Jalan Tol JORR 2 selesai konstruksinya dan tersambung semua,” demikian tulis keterangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada akun resmi Instagram @pupr_bpjt, (10/9).

Hal yang sama juga disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian. “Kita sambungkan ke JORR 2 akhir tahun ini,” kata Hedy melansir Bisnis.com, (11/9).

Baca juga: Jalan Tol Memiliki Aturan Mengenai Batas Kecepatan Kendaraan, Catat Ya

Waktu penyelesaian pengerjaan jaringan jalan bebas hambatan 2 di akhir tahun 2023 ini sudah sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi sedari awal memang menargetkan agar Tol JORR 2 tersambung 100 persen di tahun 2023. Jokowi mengatakan hal tersebut setahun silam saat meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, 1 dari 6 ruas tol JORR 2 yang sudah beroperasi.

Jaringan Tol JORR 2

jalan tol baru

“Jalan tol Cibitung-Cilincing ini adalah bagian dari JORR 2, Jakarta Outer Ring Road yang kedua. Kita harapkan, JORR 2 ini akan rampung, selesai 100 persen di akhir tahun 2023,” kata Jokowi secara virtual saat peresmian Jalan Tol Cibitung-Cilincing, (20/9).

Adapun 6 ruas tol yang terhubung dalam jaringan Tol JORR 2 adalah:

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Stop, Kapan Diberlakukan di Indonesia?

  1. Ruas Cengkareng-Kunciran
  2. Ruas Kunciran-Serpong
  3. Ruas Serpong-Cinere
  4. Ruas Cinere-Jagorawi
  5. Ruas Cimanggis-Cibitung
  6. Ruas Cibitung-Cilincing

Sejauh ini, dari total 6 ruas jalan tol yang masuk jaringan jalan bebas hambatan 2 di atas, baru tiga ruas saja yang sudah dioperasikan secara penuh. Yakni:

  • Jalan Tol Cengkareng-Kunciran (14,19 kilometer)
  • Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,14 kilometer)
  • Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,39 kilometer) 

Ruas yang belum beroperasi

jalan tol baru

Sisanya yang 3 ruas lagi belum beroperasi. Berdasarkan laporan PUPR, masih menunggu hasil uji laik fungsi dan masih dalam tahap penyelesaian akhir. Di antaranya: 

Baca juga: Toyota Rumion Kembaran Suzuki Ertiga Resmi Dijual, Berapa Harganya?

  • Jalan Tol Serpong-Cinere: Pembangunan Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 kilometer sebenarnya sudah selesai dan juga sudah melakukan uji laik fungsi, hanya tinggal menunggu dioperasikan secara resmi.
  • Jalan Tol Cinere-Jagorawi: Menyisakan satu seksi, yaitu seksi 3B, yang menghubungkan Krukut-Cinere sepanjang 2,19 kilometer. Pembangunannya juga sudah selesai, uji laik fungsi pun sudah dilakukan, hanya tinggal menunggu diresmikan dan dioperasikan secara resmi juga.
  • Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (Bekasi): menyisakan satu seksi, yaitu seksi 2B Cikeas-Cibitung yang terhubung sepanjang 19,65 kilometer. Jalan tol ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi.

Diharapkan dengan rampungnya Tol JORR 2 ini, macet yang kerap melanda DKI Jakarta dan wilayah Jawa Barat yang terhubung langsung dengan Ibukota, bisa teratasi. 

Seperti diketahui, tidak hanya Jakarta saja yang sehari-harinya mengalami macet. Beberapa titik di wilayah Kota Bekasi, Depok dan Bogor juga mengalami hal sama. Tentu upaya pembangunan jalan bebas hambatan ini akan sangat membantu mengatasi macet di wilayah-wilayah tersebut. 

Baca juga: Catat 3 Jalan Tol yang Dilintasi Ratusan Ribu Kendaraan Per hari

Selain beberapa ruas Tol JORR 2, sebelumnya Jokowi juga sudah meresmikan beberapa jalan bebas hambatan lainnya yang ada di Jawa Barat, Bengkulu dan lainnya. Seperti Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, Tol Serang-Panimbang, Tol Cisamdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan), Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Ciawi-Sukabumi, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya jalan-jalan tol ini, perjalanan masyarakat bisa lebih efektif dan efisien lagi. Bagaimana menurut kamu, apakah tol JORR 2 ini akan mampu mengurangi kemacetan di tol dalam kota dan jalan nasional Jakarta?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang