Search Cars

Berita Utama Otomotif

Toyota Akan Menghadirkan Mobil Hybrid Sejuta Umat, Avanza-Veloz?

Mobil hybrid sejuta umat keluaran terbaru dari Toyota disebut-sebut akan dihadirkan. Apakah jenis mobilnya nanti?

mobil hybrid

Mobil hybrid sejuta umat kabarnya akan diproduksi oleh Toyota dalam rangka mengusung kendaraan ramah lingkungan. Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto. 

Nandi Julyanto memberikan kode mengenai adanya peluncuran mobil hybrid sejuta umat untuk dalam negeri. Hal ini menjadi upaya Toyota dalam mendorong percepatan kendaraan ramah lingkungan di dalam negeri.

“Untuk hybrid kita upayakan semuanya akan produksi Indonesia. Kita sudah memulai lewat Kijang Innova karena memang benar-benar sudah dikenal masyarakat, kemudian B SUV,” ujarnya dikutip dari Detik.com. 

Produksi mobil hybrid untuk lingkungan

hybrid corolla cross

Menurut Nandi, langkah tersebut demi mendorong banyak orang yang berperan dalam pengurangan emisi. “Mungkin berlanjut ke model-model mobil sejuta umat, itulah yang kita lakukan,” ucapnya lebih jauh.

Baca juga: Mobil Pejabat Lewat Bahu Jalan Tol, Bolehkah Ditilang?

Respon ini lantas ditafsirkan beragam pecinta otomotif Tanah Air. Ada kecocokan Toyota segera memproduksi Toyota Avanza-Veloz hybrid. Mengingat telah lama sematan “mobil sejuta umat” kentara pada mobil model MPV 7-penumpang murah tersebut. 

Namun Nandi beralasan bahwa julukan “mobil sejuta umat” tidak hanya diberikan ke Avanza-Veloz. Bisa juga pada produk-produk Toyota yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. 

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

“Kijang Innova itu juga kan termasuk mobil sejuta umat. Ya, jadi kita tunggu saja,” tutur Nandi. Tanda-tanda lahirnya Avanza-Veloz hybrid di pasar nasional sangat positif.  Sinyal ini sempat diperkuat oleh pernyataan Wakil Presiden TMMIN Bob Azam.

Dirinya sempat mengatakan Toyota memiliki tiga proyek ambisius dalam menghadirkan kendaraan hybrid, yaitu Toyota Veloz, Toyota Innova Zenix, dan Toyota Yaris Cross. “Dua kan sudah kita hybrid-kan, dua kali berturut-turut. Saya mau bilang itu aja,” ujar Bob Azam.

Mobil hybrid Toyota

toyota all new yaris cross

Sekadar informasi, Toyota telah bergerak dengan berbagai produk dengan mesin hybrid serta teknologi terbaru yang disematkan di dalam mobilnya. Salah satu produk yang menjadi unggulan di kelasnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid

Selain Toyota Corolla Cross Hybrid, ada pula Toyota All New Corolla Altis Hybrid, Toyota All New C-HR Hybrid, Toyota All New Camry Hybrid. Paling baru dan mendapat sambutan positif adalah Toyota All New Kijang Innova Zenix Hybrid dan Toyota Yaris Cross Hybrid.

Baca juga: The All New Lexus LM Hybrid Diluncurkan pada Ajang GIIAS 2023

Dilihat dari polanya, tidak menutup kemungkinan jika Toyota mengejar segmentasi hybrid yang diincar adalah konsumen MPV dan B-SUV

Jadi bukan tidak mungkin di masa mendatang Toyota menghadirkan mobil hybrid yang lebih menyesuaikan keinginan pasar. Langkah ini sebagai upaya agar banyak masyarakat beralih untuk menggunakan mobil konvensional ke elektrifikasi.

Cara kerja mesin hybrid

mobil hybrid terlaris

Cara kerja mesin hybrid identik dengan kelebihannya yaitu bisa lebih irit konsumsi bahan bakar. Salah satu produsen mobil yang sudah cukup mumpuni dalam pengembangan mobil hybrid adalah Toyota serta beberapa produknya yang sudah banyak terlihat di jalanan saat ini. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Untuk cara kerja mesin hybrid tentunya akan berbeda dari mobil konvensional ataupun mobil listrik murni (BEV). Pada mesin jenis hybrid ini menggunakan tenaga dari motor listrik dan bensin atau gabungan dari mobil konvensional dan listrik murni.

Saat mobil di kecepatan yang lambat atau sekitar 20 kilometer per jam, sumber penggerak utamanya juga akan diambil dari baterai. Penggunaan mesin bensin akan dimatikan untuk sementara. Inilah yang membuatnya jadi lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Jadi, apakah kamu tertarik dengan mobil hybrid?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.