Otomotif
Toyota Indonesia Bantu Penanggulangan Covid-19 di Indonesia
Toyota Indonesia bantu pemerintah tangani Covid-19 dengan Donasi Bantuan Cepat Tanggap Senilai Rp1,55 Miliar.
Berbagai bantuan cepat tanggap telah disalurkan oleh Toyota Indonesia guna membantu penanganan pasien Covid-19.
Bantuan itu meliputi sarana dan prasarana seperti Alat Pelindung Diri (APD), suplemen penguat imunitas tubuh, bantuan unit kendaraan ambulans untuk memudahkan para tenaga kesehatan dalam menangani pasien seperti untuk mobilitas hasil PCR, sampel darah, percepatan kegiatan vaksinasi masyarakat, dan lain-lain.
“Seperti yang kita ketahui bersama, oksigen saat ini menjadi salah satu barang yang sulit didapatkan, sehingga kami ingin bisa bantu dalam hal ini,” kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).
Baca juga: Review Toyota Corolla DX, Kenapa Layak Dijadikan Investasi?
Bekerja sama dengan Yayasan Benih Baik, donasi cepat tanggap kali ini antara lain berupa 300 tabung oksigen (1.800 meter kubik), portable bed, oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh dengan total bantuan senilai Rp1,55 Miliar.
Bantuan itu disalurkan ke 6 rumah sakit di beberapa wilayah di tanah air.
Jabodetabek
RS Tjipto Mangunkusumo dan RSUD Tugu Koja.
Jawa Barat
RSUD Kota Bandung dan RS UI Depok.
Jawa Tengah
RSUP Dr. Kariadi
DI Yogyakarta
RS Dr. Sardjito.
Selain donasi sarana dan prasarana di 6 rumah sakit tersebut, pada fase cepat tanggap kali ini juga ada bantuan mobilitas bagi para tenaga kesehatan di RS UI Depok, yang akan memudahkan mobilitas dalam penanganan pasien Covid-19.
“Kami berharap donasi cepat tanggap Toyota Indonesia ini dapat turut membantu penanganan di berbagai rumah sakit yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana dalam merawat pasien Covid-19 yang melebihi kapasitas,” ujar Susumu.
Toyota Ada Untuk Anda
Toyota Ada Untuk Anda hadir sejak tahun 2020 untuk menjawab kebutuhan saat situasi pandemi. Di tengah kondisi memprihatinkan saat ini, berbagai program yang menunjang mobilitas masyarakat Indonesia.
Baca juga: Fitur Toyota Safety Sense, Bikin Berkendara Makin Aman
Contohnya, dalam hal operasional menggunakan pendekatan kondisi Covid-19 seperti penerapan pola kerja work from home (WHF), protokol kesehatan yang ketat, dan pelaksanaan vaksinasi pada karyawan dan keluarganya.
Sejalan dengan semangat Toyota Berbagi, Toyota selalu berupaya untuk memberikan kontribusi positif bagi negara dan masyarakat Indonesia, salah satunya melalui program Toyota Ada Untuk Anda.
“Melalui program ini, kami berharap dapat membantu upaya pencegahan dan penanganan Covid-19,” ujar Henry Tanoto Vice President Director PT Toyota Astra Motor.
Sejak tahun lalu, Toyota Indonesia telah menyalurkan berbagai bantuan cepat tanggap dan dukungan mobilitas untuk membantu para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas menangani Covid-19 di awal-awal pandemi.
Baca juga: Beda Harga dan Varian Toyota Raize, Gak Sampai Rp 300 Juta!
Bantuan yang sudah disalurkan adalah sebagai berikut.
- Donasi APD yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan, masker medis, pelindung sepatu, face shield, vitamin dan suplemen, yang didistribusikan ke berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan.
- Unit ambulance berupa Kijang Innova yang dilengkapi peralatan kesehatan di dalam kendaraan yang diperuntukkan bagi Dinas Kesehatan Papua.
- Layanan antar jemput para tenaga kesehatan dari tempat tinggalnya ke rumah sakit yang melayani 8 rumah sakit di Jakarta, Bandung, dan Makassar.
- Bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) Jepang untuk mendukung proses pengambilan sampel PCR dari sejumlah puskesmas dan RS di Jakarta Utara ke Labkesda Jakarta Utara.
- Kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).
- Toyota bersama jaringan outlet di seluruh Indonesia, mendistribusikan paket kebutuhan pokok yang antara lain berisi beras, gula, dan minyak goreng serta peralatan pencegahan Covid-19 seperti hand sanitizer, masker kain, dan sabun cuci tangan, dan lain-lain.
Baca juga: 5 Kelebihan Mesin Turbo di Mobil-Mobil Masa Kini
Sementara itu, bagi para pelanggan juga dihadirkan penguatan layanan berbasis digital (chatbot Toyota dan mTOYOTA), layanan langsung ke rumah (Toyota Mobile Service, Pickup Delivery), serta menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dalam membeli dan melakukan perawatan kendaraannya (Virtual Expo, Live Showroom, Halobeng).