Search Cars

Tips & Rekomendasi

Trik Perawatan Mobil yang Bikin Kepala Pusing dengan Pilih Oli yang Bikin Bingung!

Trik Perawatan Mobil Untuk Sobat SEVA!

Mobil adalah salah satu aset berharga yang perlu dirawat dengan baik. Salah satu hal terpenting dalam merawat mobil adalah dengan mengganti oli secara rutin. Oli berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, sehingga mesin bisa bekerja dengan optimal dan awet.

Tapi, memilih oli yang tepat itu gampang-gampang susah. Ada banyak sekali jenis oli yang tersedia di pasaran, dengan berbagai macam spesifikasi dan harga. Belum lagi, ada banyak sekali mitos dan informasi yang beredar tentang oli mobil.

trik perawatan mobil

Trik Perawatan Mobil

Perawatan mobil itu memang gampang-gampang susah. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, mulai dari mengganti oli, servis rutin, hingga membersihkan mobil.

Salah satu hal yang bikin kepala pusing adalah memilih oli mobil. Ada banyak sekali jenis oli yang tersedia di pasaran, dengan berbagai macam spesifikasi dan harga.

Baca Juga: Tips Memilih Oli Mobil LCGC Biar Mesinnya Awet

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih oli mobil:

Jenis oli

Ada dua jenis oli mobil yang utama, yaitu oli mineral dan oli sintetik. Oli mineral adalah jenis oli yang paling umum digunakan. Oli jenis ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan oli sintetik, tetapi performanya juga lebih rendah.

Sedangkan oli sintetik adalah jenis oli yang memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan oli mineral. Oli sintetik juga lebih tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi.

Viskositas oli

Viskositas oli adalah tingkat kekentalan oli. Kekentalan oli biasanya diukur dengan angka SAE. Semakin tinggi angka SAE, maka semakin kental oli tersebut.

Oli dengan tingkat kekentalan tinggi biasanya untuk mobil yang beroperasi di suhu yang panas. Dan oli dengan viskositas lebih rendah digunakan untuk mobil yang beroperasi di suhu yang dingin.

isi oli 2

Oli Mobil Standar

Standar oli adalah standar kualitas yang ditetapkan oleh produsen mobil. Standar oli biasanya diawali dengan huruf “API” diikuti dengan dua huruf.

Huruf pertama menunjukkan jenis mesin, yaitu “S” untuk mesin bensin dan “C” untuk mesin diesel. Huruf kedua menunjukkan tingkat kinerja oli, yaitu “SA” untuk kinerja terendah dan “SN” untuk kinerja tertinggi.

Rekomendasi pabrikan

Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan saat memilih oli mobil adalah rekomendasi dari pabrikan. Setiap mobil memiliki rekomendasi oli yang berbeda-beda.

Kamu bisa menemukan rekomendasi oli di buku manual mobil atau di situs resmi pabrikan.

Fakta mengenai Oli

Selain banyaknya jenis oli yang tersedia, ada juga banyak sekali mitos dan informasi yang beredar tentang oli mobil. Salah satu mitos yang paling umum adalah bahwa oli yang lebih mahal lebih bagus.

Pada kenyataannya, harga oli tidak selalu menunjukkan kualitas oli. Oli yang lebih mahal belum tentu memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan oli yang lebih murah.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Terbaik untuk Performa Toyota All New Avanza

Mitos lainnya adalah bahwa oli harus diganti setiap 5.000 kilometer. Waktu penggantian oli sebenarnya tergantung pada kondisi mobil dan cara pemakaian.

Jika mobil kamu digunakan untuk berkendara di kondisi yang berat, maka oli perlu diganti lebih sering. Sebaliknya, jika mobil kamu digunakan untuk berkendara di kondisi yang ringan, maka oli bisa diganti lebih lama.

Jika tidak ingin repot mengganti oli, sebaiknya membeli mobil baru dengan jaminan servis gratis hingga 20 ribu km. Pilih dulu mobilnya di SEVA, dan gunakan fitur Instant Approval.

Dapatkan juga bonus tambahan saat pengajuan pembelian mobil disetujui. Asik kan? Tersedia juga promo menarik bunga 0%, cashback dan DP ringan. Cuma SEVA yang memberikan banyak kelebihan bagi konsumen. Anak Kecil Aja Tau, kalau mau beli mobil harus yang Jelas dari Awal hanya di SEVA.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang