Search Cars

Tips & Rekomendasi

Usaha Salon Mobil, Apa Saja yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Memulainya?

Salon mobil menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, mengingat permintaannya cukup tinggi. Apa tips jika ingin memulai usahanya?

salon mobil

Usaha salon mobil bisa menjadi peluang bisnis yang menarik, terutama buat yang memiliki minat dan pengetahuan tentang perawatan mobil. Bagi pecinta otomotif, memiliki usaha seperti ini bisa jadi bisnis menarik. 

Ini bisa jadi ide bisnis UMKM yang menjanjikan sebagai usaha sampingan atau bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama. Untuk itu, perlu mempelajari terlebih dulu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin memulainya. 

Tips usaha salon mobil

Berikut adalah langkah-langkah umum yang perlu dipertimbangkan jika ingin memulai usaha salon mobil:

1. Rencana bisnis

uang pesangon

Mulailah dengan merancang rencana bisnis yang mencakup tujuan, visi, misi, dan strategi bisnis. Tentukan juga target pasar dari usaha salon mobil yang akan dibuka tersebut dan layanan yang akan ditawarkan.

Baca juga: Mobil Pejabat Lewat Bahu Jalan Tol, Bolehkah Ditilang?

Kamu dapat membuat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis menggiurkan ini. Namun jika ingin lebih simpel dapat melalui jalur kemitraan atau franchise.

Beberapa salon mobil menawarkan join franchise dengan harga terjangkau. Tentunya harus memilih dengan cermat terlebih dulu jika ingin bergabung dalam skema franchise seperti ini. 

2. Pemilihan lokasi salon mobil

bengkel curang

Lokasi adalah kunci dalam bisnis salon mobil. Cari lokasi yang strategis, dekat dengan pemukiman atau pusat perbelanjaan yang ramai, sehingga mudah diakses oleh pelanggan potensial.

Baca juga: Simak Ya, Alternatif Jalur Lalu Lintas Saat KTT ASEAN Digelar

Calon konsumen akan memilih lokasi terdekat yang terjangkau dari segala aspek pertimbangan mereka. Dari sisi bisnis, pastikan juga aspek lain seperti izin usaha, perizinan lingkungan, dan lain-lain.

3. Tentukan target pemasaran

Lakukan pemasaran untuk mengenalkan usaha nantinya kepada pelanggan potensial. Ini bisa melalui iklan online, media sosial, situs web, brosur, atau promosi khusus.

Tentukan harga yang kompetitif sesuai dengan tingkat persaingan di daerah sekitar. Pastikan juga untuk menyediakan pilihan paket layanan yang berbeda.

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Tentukan layanan apa yang akan ditawarkan nantinya. Ini bisa mencakup mencuci mobil, detailing, polesan, perbaikan goresan, dan layanan perawatan lainnya. Perhatikan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.

4. Aset tenaga kerja dan peralatan

bengkel curang

Rekrut dan latih tenaga kerja yang kompeten dalam melakukan layanan perawatan mobil. Pastikan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

Investasikan juga dalam peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan berbagai layanan perawatan mobil. Ini bisa termasuk mesin cuci mobil, vacuum cleaner, kompresor udara, peralatan detailing, dan lainnya.

5. Manajemen keuangan

tips keuangan karyawan

Kelola keuangan bisnis dengan baik. Pertimbangkan untuk memiliki sistem pencatatan yang baik dan berinvestasi dalam perangkat lunak akuntansi.

Baca juga: The All New Lexus LM Hybrid Diluncurkan pada Ajang GIIAS 2023

Selama berjalannya waktu, pertimbangkan untuk memperluas layanan, membuka cabang lain, atau menjalin kemitraan dengan bisnis lain dalam industri otomotif.

Bisnis ini juga bisa menguntungkan jika dijalankan dengan baik dan jika mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan setia. Penting untuk terus memantau tren dalam industri otomotif dan selalu berusaha meningkatkan kualitas layanan.

Manfaat detailing di salon mobil

Melakukan detailing di salon mobil memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan. Apa saja itu?

1. Perlindungan ekstra pada bodi

cat mobil

Rutin ke salon mobil untuk detailing dapat memberi perlindungan ekstra terhadap bodi. Pada saat proses detailing, mobil sudah diberikan lapisan atau coat yang dapat melindungi bodi dari cipratan air kotor hingga goresan.

2. Memperlambat penuaan bodi 

Perawatan di salon mobil dapat memperlambat penuaan bodi seperti cat yang mulai luntur. Detailing dapat mengatasi efek buruk dari polusi dan debu juga menjadi penyebab penuaan bodi mobil. 

3. Mempercantik tampilan

Yang paling penting, rutin detailing dapat mempercantik tampilan mobil. Hal ini dapat menjaga kenyamanan pengendara karena mobil tampak bersih dan seperti baru.

Jadi, rencanakan baik-baik ya jika kamu ingin membuka usaha salon mobil.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.