Search Cars

Berita Terbaru

Viral Bayar Tol Pakai Aplikasi Distop Petugas, Bagaimana Aturannya?

Sudah siap masuk zamannya uang elektronik untuk bayar tol yang sudah bermodel stiker RFID dan terintegrasi aplikasi di ponsel?

Aplikasi

Ramai diberitakan di media sosial, seorang pria pengguna aplikasi bayar tol pakai HP diberhentikan oleh petugas di gerbang tol. 

Sepertinya petugas jalan tol tersebut belum paham bahwa pria tersebut menggunakan aplikasi bayar tol pakai HP di mana gerbang tol akan terbuka secara otomatis tanpa perlu nge-tap kartu e-toll lagi. 

Bayar tol dengan aplikasi

aplikasi ponsel smartphone

Berita viral itu didapat dari video yang dibuat Kamis, 6 Juli 2023, dan diunggah akun Instagram @dashcam_owners_indonesia pada Sabtu, 8 Juli 2023. 

Baca juga: Berlaku Tahun Ini, Bagaimana Aturan dan Cara Bayar Tol Nirsentuh?

“Mohon diviralkan agar petugas tol paham terkait penggunaan FLO dan tidak terjadi penuduhan sepihak yg memalukan seperti ini lagi,” tulis akun tersebut.

Dari video tersebut terekam, mobil melaju di salah satu gerbang tol JORR. Tanpa berhenti, mobil terus melaju mengikuti mobil yang ada di depannya ketika gerbang tol masih dalam keadaan terbuka. 

Dengan sigap, petugas jalan tol yang berjaga pun berteriak memanggil si pengemudi mobil dan memintanya untuk bayar tol. “Woy.. woy.. woy.. bayar woy,” teriak petugas tol.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Stop Ujicoba di Bali Bulan Juni, Begini Mekanismenya

“Kenapa Pak? Pakai Flo, kenapa? Eh, enak aja. Itu, lihat dulu. Kok, nuduh saya, enak aja. Saya ada kamera (di mobil), kok, kalau nggak percaya,” terdengar suara si pengemudi menimpali petugas tol.

kecelakaan tol cipali

Mungkin awalnya petugas tol berpikir, si pengemudi mobil nyelonong tanpa membayar tol dengan memanfaatkan portal yang masih terbuka saat mobil yang ada di depannya lewat. 

Namun jika diperhatikan dengan lebih seksama, terlihat jelas dalam video, saat ia melintas ada saldo yang terpotong Rp10.500 secara otomatis. 

Baca juga: Urai Kemacetan, Pemprov DKI Jakarta Berencana Atur Jam Kantor

Lampu pada layar monitor yang sebelumnya berwarna merah juga berubah menjadi hijau dan portal dalam keadaan terbuka. Dengan kata lain, mobil tersebut sudah membayar tarif tol dan dipersilakan lewat oleh sistem. 

Apa itu Aplikasi Flo dan cara kerjanya? 

stiker RFID bayar tol

Umumnya bayar tol yang berlaku adalah menggunakan uang elektronik dalam bentuk e-toll (kartu toll). Sekarang, PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) tengah melakukan uji coba penggunaan sistem bayar tol pakai HP alias tanpa berhenti. 

Sistem ini menggunakan teknologi stiker RFID (Radio Frequency Identification) yang terintegrasi dengan aplikasi bernama Let It Flo.

Baca juga: Viral Pengendara Mobil Bayar Tol Cikampek Ratusan Ribu, Ternyata Ini Sebabnya

Mekanisme sistem pembayaran tol tanpa berhenti ini menggunakan stiker RFID yang ditempel di lampu utama mobil sebelah kanan. 

Stiker ini akan terbaca saat melintasi Tol JORR atau gerbang tol yang terintegrasi tanpa harus berhenti, di mana sistem secara otomatis akan membuka portal.

Mobil cukup memperlambat lajunya maksimal 20 kilometer per jam saat memasuki gerbang tol. Sistem juga bisa membaca stiker meski dalam kondisi hujan deras sekalipun 

Baca juga: Daftar Tarif Tol Dalam Kota Jakarta yang Naik Menjelang Lebaran 2023

Sebagai pengguna kamu bisa me-monitoring dan top up saldo uang elektronik menggunakan aplikasi Let It Flo di Google Play dan AppStore.

tol laut bali

Uji coba sistem uang elektronik dalam bentuk stiker ini sudah berjalan sejak 2020 lalu, dan masih terus berjalan secara terbatas.

Mengutip detikFinance, Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) Yoga Tri Anggoro mengatakan, penggunanya aplikasi bayar tol pakai HP ini terbatas hanya pada internal Jasa Marga dan eksternal, seperti instansi pemerintah, perusahaan BUMN, perusahaan swasta dan komunitas.

Baca juga: Pengendara Sering Kena Tilang Akan Sulit Perpanjang SIM, Gimana Faktanya?

Penggunanya sudah mencapai lebih dari 13.000 kendaraan, tapi yang aktif menggunakannya (transaksi harian) hanya sekitar 3.770 kendaraan saja. 

Aplikasi Let It Flo sudah berlaku di 100 titik ruas jalan tol yang ada di wilayah Jabodetabek, seperti jalan Tol Dalam Kota, tol JORR, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek. Serta 3 titik lagi di gerbang tol di Bali (Ngurah Rai, Nusa Dua, dan Benoa). 

Bayar tol pakai LinkAja

aplikasi linkaja

Salah satu inovasi yang mempermudah masyarakat adalah pembayaran tol dengan aplikasi dompet digital, seperti LinkAja. Ini langkah mudah dan simpel bayar tol pakai LinkAja:

Baca juga: Lapor SPT Tahunan Pegawai Wajib Sertakan Pajak Natura, Apa Itu?

  • Sudah mengunduh aplikasi LinkAja dan membuat akunnya.
  • Tambahkan saldo ke akun LinkAja melalui fitur top-up pada aplikasi.
  • Saat tiba di gerbang tol, pastikan kamu berada di jalur fasilitas pembayaran non-tunai.
  • Buka aplikasi LinkAja, pilih menu “Bayar” atau “Pembayaran” dan pilih opsi “Tol”.
  • Pilih gerbang tol yang akan kamu lewati dan masukkan nomor pelat  kendaraanmu.
  • Verifikasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari sesuai dengan metode keamanan yang kamu pilih.
  • Setelah pembayaran berhasil, gerbang tol akan terbuka dan kamu bisa melanjutkan perjalanan.

Itulah penjelasan mengenai aplikasi bayar tol pakai HP yang memudahkan pengguna jalan dalam bertransaksi di jalan bebas hambatan. Bagaimana menurut kamu, setujukah jika penggunaannya diperluas pada masyarakat umum?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.