Search Cars

Tips & Rekomendasi

Yuk, Kenali Tanda Mobil Bekas Tabrakan

Mobil bekas kerap dicari mengingat harganya yang murah dan cukup terjangkau. Jangan salah pilih, ini yang perlu diperhatikan.

mobil bekas

Membeli mobil bekas tidak semudah dibayangkan, seringkali beberapa orang terkecoh dengan harga yang miring. Nyatanya harga bukan faktor utama dalam membeli mobil bekas. 

Kerap kali mobil yang dijajakan justru mendapatkan mobil dalam kondisi baik atau bekas mengalami tabrakan. Tanda-tanda mobil bekas yang mengalami tabrakan bisa disebabkan banyak hal baik itu kecelakaan tunggal atau kecelakaan lain.

Pengguna jalan tol yang mengalami kecelakaan sejatinya bisa melakukan klaim asuransi Jasa Raharja.  Namun beberapa penjual menyembunyikan masalah pada mobil tersebut sehingga terkesan mengecewakan calon pembeli.

Tips mengecek mobil bekas

Penting agar tidak tertipu pedagang mobil bekas nakal. Berikut trik dan cara mencari mobil bekas idaman.

1. Intip sudut roda

kelebihan penggerak roda depan

Penting mengecek sudut ban pada mobil. Kendaraan yang sudah pernah mengalami kecelakaan biasanya cenderung berubah secara tidak normal terutama pada sudut caster,camber, dan toe

Sebagai tambahan, sudut caster merupakan sudut posisi roda dengan kaki-kakinya jika dilihat dari samping. Sudut caster mobil yang normal umumnya 2 hingga 8 derajat dari kaki-kaki.

Baca juga: Perbedaan Antara Mesin Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

Sementara sudut toe merupakan sudut kedalaman roda jika dilihat dari atas mobil. Sudut ini secara normal berada pada posisi ke dalam (toe-in) dengan sudut antara 0,08 hingga 0,25 derajat.

Lalu, sudut camber yaitu sudut kemiringan ban jika dilihat dari depan dan belakang mobil. Sudut ini umumnya 0,5 sampai 1 derajat ke dalam (camber negatif).

2. Ada bekas luka pada rangka mobil bekas

bengkel ketok magic

Periksa tanda-tanda kerusakan fisik karena inspeksi visual adalah langkah penting. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik pada mobil, seperti perbedaan warna pada bagian bodi, ketidaksempurnaan pada panel bodi, atau ketidakrataan pada bagian-bagian tertentu. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah mengalami perbaikan setelah tabrakan. Disarankan mobil yang rangkanya sdah dilas atau bengkok perlu dihindari untuk dibeli.

Kendaraan yang mengalami kecelakaan sudah pasti mengalami bengkok atau patah. Sehingga pemilik mobil akan berupaya mengganti bagian rusak tersebut dengan rangka baru.

Cek bagian rangka mobil yang bisa terlihat mudah secara kasat mata. Kamu bisa membawa kendaraan yang akan dibeli ke mekanik terpercaya untuk inspeksi lebih lanjut. 

3. Baut karatan

mobil bekas banjir

Jika telah selesai pada rangka, kamu juga bisa mengecek kondisi mobil reparasi bekas kecelakaan lewat baut-baut yang terpasang.

Baca juga: Simak Ya, Alternatif Jalur Lalu Lintas Saat KTT ASEAN Digelar

Baut-baut pada mobil usai direparasi akibat kecelakaan punya baut yang tidak sesuai atau terpasang dengan kurang presisi. Baut ini bahkan bisa terdapat karat atau goresan bekas bongkar-pasang

4. Ketok bodi mobil bekas

Selanjutnya untuk mengetahui apakah bodi mobil memiliki lapisan dempul atau tidak yaitu dengan mengetuk bagian mobil menggunakan tangan. Jika suara yang dihasilkan tidak nyaring, besar kemungkinan mobil tersebut dilapisi dempul.

5. Celah bodi tidak presisi

bagasi mobil

Selanjutnya cek celah nat pada bodi seperti kap mesin,bumper, bagasi, dan pintu mobil bisa menentukan mobil usai mengalami kecelakaan. Celah ini apabila sudah diganti sangat kentara perbedaannya.

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Perhatikan celah pada setiap sisi celah bodi. Contohnya, apabila penutupan kap mesin tidak rata antara sisi kanan dan sisi kirinya, maka wajib curiga. Pastikan celah bodi presisi dan panel per panel bodi tidak pernah diganti.

Jadi, perhatikan hal-hal diatas ya sebelum membeli mobil bekas.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.